Ada pesan.......? Tulis di sini......!

KOMPAS.com - Nasional

Kamis, 19 Januari 2012

PENGERTIAN GEOGRAFI

         a.     Berdasarkan Bahasanya
Menurut bahasanya, geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang berarti bumi dan graphein berarti tulisan. Jadi menurut bahasa, geografi berarti tulisan tentang bumi, maka geografi juga disebut ilmu bumi. Istilah geografi pertama kali dikenalkan oleh Eratoshenes dengan nama geographica.

b.    Menurut Bintarto
Menurut Bintarto, geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan atau menjelaskan sifat-sifat bumi, menganalisa gejala-gejala alam dan bentuknya serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.
Menurut definisi Bintarto tersebut, dapat disimpulkan bahwa geografi mempelajari tentang hal-hal berikut ini:
1)   Sifat-sifat bumi atau tanah
2)   Gejala-gejala alam, seperti patahan, lipatan, dan lain-lain
3)   Corak kehidupan yang khas di muka bumi
4)   Fungsi unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu

c.     Menurut Hartshorne
Hartshorne (1959) merumuskan bahwa geografi berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beratur dan rasional tentang sifat dari permukaan bumi.

d.    Menurut Alexander
Alexander (1963) menyatakan bahwa geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia.

e.     Menurut Preston E. James (1959)
Preston E. Jameas (1959) mengemukakan bahwa geografi dapat dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang selalu dimulai dari keadaan permukaan bumi, kemudian beralih pada studinya masing-masing.

f.      Menurut Strabo
Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Konsep tersebut disebut Natural Attribute of Place.

g.    Hasil Seminar dan Lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di Semarang
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

h.    Menurut Yeates
Yeates (1963) menyatakan bahwa geografi adalah suatu ilmu yang memperhatikan perkembangan  rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam seragam di permukaan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi Blog

SMS GRATIS