Ada pesan.......? Tulis di sini......!

KOMPAS.com - Nasional

Minggu, 27 Januari 2013

Ilmu Penunjang Geogafi


1)Geofisika, yaitu ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat bumi bagian dalam dengan metode teknik fisika, seperti mengukur gempa, gravitasi, medan magnit, dan lain-lain.
2)Astronomi, yaitu ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar atmosfer bumi, seperti : mathari, bulan, bintang, planet-planet, dan ruang angkasa.
3)Paleontologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang fosil-fosil serta bentuk-bentuk kehidupan di masa purba yang terdapat di bawah lapisan bumi.
4)Geologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, komposisi dan sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan) serta proses alamiah yang membuat perkembangan sampai pada keadaan yang sekarang.
5)Geomorfologi, yaitu studi tentang bentuk-bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.
6)Hidrologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang air di permukaan tanah maupun di lapisan tanah bagian bawah, termasuk suangi, danau, mata air dan rawa-rawa.
7)Meteorology, yaitu ilmu yang mempelajari tentang atmosfer, udara, cuaca, suhu, angin, awan, curah hujan, radiasi matahari dan sebagainya.
8)Klimatologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang kondisi rata-rata cuaca.
Klimatologi mempelajari atau membahas berbagai iklim di seluruh dunia.
9)Botani, yaitu ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan dan penyebarannya.
10)Zoology, yaitu ilmu yang mempelajari tentang binatang-binatang dan tempat daerah binatang-binatang tersebut hidup, penyebaran serta penyebab berpindahnya binatang-binatang tersebut.
11)Demografi, yaitu ilmu pengetahuan yang mengumpulkan serta menyelidiki catatan-catatan statistik penduduk untuk mengetahui secara sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian, prepindahan dan penyebaran penduduk.
12)Ekologi, yaitu cabang dan ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan antarorganisasi sesamanya serta hubungan organisme dengan lingkungannya.
13)Ekonomi, yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang usaha-usaha manusiauntuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kemakmuran.
14)Sosiologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara seorang dengan seorang, perorangan dengan golongan dan golongan dengan golongan atau ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam masyarakat.
15)Antropologi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang manusia dan kebudayannya.
16)Geografi politik, yaitu cabang geografi yang khusus mengkaji kondisi-kondisi geografis dari surut politik atau kepentingan negara.
17)Oseanografi, yaitu ilmu yang mempelajari lautan, seperti sifat air laut, arus, pasang surut, kedalaman dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi Blog

SMS GRATIS